Jumat, 26 Juli 2013

Rumah Citayam: Mansion Meester Cornelis di Depok ‘Tempoe Doeloe'

'Rumah Citayam' rumah peristirahatan (mansion) Meester Cornelis di Depok, 1930
'Rumah Citayam' adalah sebuah rumah peristirahatan (mansion) Meester Cornelis di Depok pada masa dulu. Meester Cornelis sendiri adalah nama lain dari Jatinegara--suatu wilayah di selatan Batavia pada masa dulu. Pemilik sebidang tanah ini adalah Meester Cornelis. Sebidang tanah yang menjadi milik Meester Cornelis berkembang menjadi sebuah wilayah yang setara dengan Batavia--suatu wilayah kepemilikan pribadi. Pewaris Meester Cornelis inilah yang menjadi pemilik sebuah mansion atau rumah peristirahatan yang berada di daerah Citayam, Depok pada masa dulu. Rumah Citayam menjadi potret masa doeloe yang mengingatkan kita pada Rumah Cimanggis dan Rumah Pondok Cina.    

Rumah Citayam persisnya berlokasi di dalam suatu areal hutan yang berada di area/daerah Citayam yang tidak jauh dari stasion Citayam. Salah satu sudut dari areal rumah ini adalah sebuah taman yang menghadap ke danau yang dipenuhi teratai. Lokasi Rumah Citayam ini pada masa kini berada di sekitar hek yang areanya dulu masuk wilayah Kelurahan Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok

Danau Teratai Citayam, 1930

Jalan menuju Rumah Citayam, 1930
Setu/danau Citayam, 1930
Kampung Citayam adalah sebuah kampung masa lampau yang seumur dengan kampung-kampung berikut: Pondok Terong, Ratu Jaya, Depok, Pabuaran, Mampang, Pondok Cina. Kampung-kampung ini sudah tercatat pada tahun 1854, sesuai dengan peta topografi tahun 1851-1852 yang diterbitkan pada tahun 1854. Sedangkan Rumah Citayam dibangun setelah adanya jalur kereta api antara Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor). Jalur kereta api dibangun 1888. 
Peta Topografi 1851-1852 (Diterbitkan 1854)

Sumber: Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan:
Foto: kitlv. nl
Peta: nla.gov.au dan kitlv.nl
































Peta Topgrafi 1899-1900 (diterbirkan 1901)


1 komentar:

  1. pak akhir, seingat saya waktu sekolah SD di Citayam waktu itu banyak sekali kuburan Cina,apa citayam dulu adalah kampung pecinaan?

    twitter : @way_ram

    BalasHapus