Sejarah Kota Depok (13): Penumpang Kereta Api Batavia-Buitenzorg Tahun Pertama (1873); Stasion Depok Ketiga Terbanyak

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Depok dalam blog ini Klik Disini


Penduduk Kota Depok pada masa ini sangat terbiasa dengan moda transportasi kereta api baik menuju Jakarta maupun menuju Bogor. Ternyata kebiasaan itu sudah ada sejak doeloe, bahkan sejak tahun pertama jalur kereta api Batavia-Buitenzorg dioperasikan pada tahun 1873. Pada tahun pertama jumlah penumpang yang naik maupun turun di Stasion Depok merupakan tertinggi ketiga setelah Stasion Batavia dan Stasion Buitenzorg. Mari kita simak.

Stasion Depok, 1939
Pembukaan jalur kereta api Batavia dan Buitenzorg sangat berdampak luas: menghubungkan istana di Bogor dan istana di Batavia; memudahkan transportasi penduduk maupun wisatawan yang ke Buitenzorg. Manfaat lainnya adalah menjadi angkutan utama barang dan komoditi dari hulu sungai Ciliwung. Jalur kereta api Batavia-Buitenzorg mulai dioperasikan (opening) tanggal 31 Januari 1873 (lihat Bataviaasch handelsblad, 29-01-1873).

Jadwal Keberangkatan/Kedatangan

Jalur kereta api Batavia-Buitenzorg ini terdiri dari stasion utama (hoofdstatsion), stasion (stasion kecil), halte (halte besar) dan overweg (halte kecil). Stasion utama berada di Batavia lama (Stadhuis/NIS) dan Buitenzorg. Stasion antara berada di Meester Cornelis (stasion Jatinegara yang sekarang). Untuk halte dan overweg terdapat di: Cileboet, Bodjong Gede, Tjitajam, Depok, Pondok Tjina, Lenteng Agoeng, Pasar Minggoe. Halte lainnya terdapat di Pegangsaan (kini Cikini), Koningsplein (kini Gambir), Noordwijck (kini Juanda) dan Sawah Besar. Satu lagi halte yang terpisah adalah halte Kleine Boom (Pasar Ikan?).

Tabel-1 Batavia-Buitenzorg
Pada hari pertama operasi keret api Batavia-Buitenzorg sudah diterapkan langsung penjadwalan tetap. Penjadwalan tetap ini meliputi ketentuan pemberhentian di setiap stasion/halte menurut waktu keberangkatan dan kedatangan. Ketentuan ini secara umum adalah jadwal Batavia-Buitenzorg dan jadwal Buitenzorg-Batavia. Hanya ada dua jadwal keberangkatan dari Buitenzorg ke Batavia (Trein VII pukul 07.01 dan Trein XVII pukul 14.28). Sebaliknya hanya ada dua jadwal keberangkatan dari Batavia ke Buitenzorg (Trein II pukul 07,12 dari Kleine Boom dan Tein XIV pukul 15.09 dari Batavia ). Untuk jadwal kereta antara Batavia-Meester Cornelis lihat Tabel-1 dan Tabel-2.

Tabel-1 Buitenzorg-Batavia
Di Halte Depok, kereta api yang datang dari Batavia menuju Buitenzorg tepat pukul 9.02 pagi. Kedatangan kereta api kedua tiba pada pukul 4.42 sore. Sebaliknya kereta api yang datang dari Buitenzorg pada pukul 7.54 pagi dan kedatangan yang kedua dari Buitenzorg pada pukul 3.34 sore. Jadwal ini tampaknya diuntungkan bagi penumpang dari Buitenzorg. Jika seseorang dari Buitenzorg ada keperluan tiba di Depok pukul 7.54 dan bisa kembali ke Buitenzorg dengan kereta yang datang dari Batavia pada pukul 9.02. Demikian juga jika tiba di Depok dari Buitenzorg pukul 3.34 masih bisa balik ke Buitenzorg dengan kereta api pukul 4.42. Untuk penumpang yang datang dari Batavia tidak ada pilihan dan hanya satu jadwal setiap hari: tiba di Depok pukul 9.02 dan baru bisa pulang kereta pukul 3.34 sore (ada rentang waktu yang lama: 6.5 jam).

Jumlah Angkutan Orang, Barang dan Hewan

Tunggu deskripsi lengkapnya


*Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan sumber-sumber tempo doeloe. Sumber utama yang digunakan lebih pada ‘sumber primer’ seperti surat kabar sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam setiap penulisan artikel tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar